Kamis, 06 Juni 2013

Penyebab Penyakit Darah Tinggi

 Untuk memperoleh pengobatan yang maksimal diperlukan pengetahuan tentang penyebab timbulnya penyakit itu sendiri, Selanjutnya memutus penyebabnya itu dan kita mengobati dampak dari penyakit itu.


Penyakit ini  terjadi ketika tekanan darah berada di atas angka normal (dai atas 140mm/hg). Penyakit ini pada beberapa orang cenderung dianggap biasa saja, akan tetapi jika dibiarkan terus menerus bisa mengganggu. bahkan bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih serius yang akan menghantarkan penderitanya pada kematian.

Penyebab penyakit darah tinggi yang pasti belum diketahui. Adapun dari data nyata di lapangan, penyebab ini bisa diuraikan sebagai berikut.

    Hal yang paling banyak yang membuat orang menjadi darah tinggi adalah merokok. Hal ini terjadi karena nikotin rokok bersifat meningkatkan kerja otot jantung (stimulan). Jantung yang asalnya memompa darah secara normal akan menjadi lebih cepat. Akibatnya sistol-diastol (tekanan darah yang terjadi saat darah masuk ke jantung dan tekanan darah yang terjadi saat darah ke luar jantung) menjadi naik.
    Hal berikutnya yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi adalah obesitas atau penyakit kelebihan berat badan. Mekanisme obesitas dalam menyebabkan darah tinggi sendiri belum diketahui secara pasti. Akan tetapi para ahli percaya hal ini terjadi karena mekanisme neuroendokrin dan jaringan adipose (jaringan lemak) yang banyak menekan pembuluh darah. Akibatnya, jantung melakukan kerja lebih keras dalam memompa darah. Dengan begitu, tekanan jantung dan darah yang masuk dan ke luar menjadi tinggi.
    Diabetes juga bisa memicu darah tinggi. Hal ini terjadi karena diabetes meningkatkan volume cairan tubuh, membuat pembuluh darah menjadi lebih kaku, penurunan jumlah insulin, menjadikan tubuh obesitas, dan kurang geraknya penderita diabetes. Hal-hal itulah yang kemudian membuat jantung memompakan darah ekstra cepat.
    Gaya hidup. Gaya hidup masyarakat modern cenderung menjadi pemicu darah tinggi. Misalnya saja kebiasaan mengonsumsi makanan instan yang tinggi kalorinya, minum alkohol, kurang olahraga, lebih mudah stres, kurang istirahat, dan masih banyak lagi.
    Konsumsi garam yang tinggi.
    Kurangnya konsumsi kalsium, kalium, dan magnesium.
    Penuaan yang memang membuat kinerja organ-organ tubuh menurun.
    Faktor genetis.
    Pengaruh obat (seperti obat KB).
    Penyakit ginjal yang parah
    Gangguan tiroid dan juga adanya tumor atau kanker.

Diatas telah dijelaskan beberapa penyebab penyakit darah tinggi yang umumnya banyak dijelaskan oleh para dokter. Saran saya jagalah selalu kesehatan dan usahakan melakukan olahraga.

Semoga artikel ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar